Saturday, September 29, 2018

Bagaimana Cara Submit Sitemap Blog

Cara Submit Sitemap.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pada artikel Apa itu Sitemap dan Fungsinya pada Blog. Sekarang sahabat akan Admin ajak ke penjelasan tentang Bagaimana Cara Submit Sitemap Blog ke beberapa mesin pencarai mirip Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools.

Sitemap yang akan Admin bahas kali ini yaitu sitemap atau peta situ yang berjenis "sitemap.xml" bukan "sitemap.html" yang dibuat dan dipasang di laman blog sobat, "sitemap.xml" ini sanggup sahabat temukan dengan cara mengunjungi alamat url blog sahabat kemudian tambahkan gesekan pena "sitemap.xml" yang isinya hanya kode-kode html saja.

Melakukan submit sitemap ini sanggup diartikan juga mendaftarkan situs blog sahabat ke mesin pencari, untuk mengetahui cara submit sitemap ke beberapa mesin pencari sanggup sahabat simak tutorialnya berikut ini.

Google Webmaster Tools

Langkah pertama untuk melakukan submit sitemap ke Google, silahkan sahabat kunjungi alamat resmi Google Webmaster Tools mirip ini https://www.google.com/webmasters/tools/.

Kedua, setelah sahabat masuk ke halaman Google Webmaster Toolssilahakan sahabat cari ADD A PROPERTY yang berwarna merah kemudian klik.

Langkah ketiga sahabat masukkan url blog sahabat (ada dua pilhan di sana yaitu Website dan Android App, sahabat pilih website) kemudian klik Add.

Keempat, sahabat akan di bawa ke halaman verifikasi situs, "jika menggunakan blogspot dengan email yang sama, sahabat akan melewati tahap ini". lakukan verifikasi situs sesuai keinginan sobat atau sesuai pilihan yang sahabat anggap paling mudah.

Setalah situs terverifikasi, sahabat akan di bawa ke halaman dashboard Google Webmaster Tools, kemudian lakukan langkah kelima dengan mengklik belahan Crawl kemudian klik lagi belahan Sitemaps.

Keenam, sahabat cari tombol ADD/TEST SITEMAP yang berwarna merah kemudian klik, akan muncul halaman pop-up kemudian masukkan "sitemap.xml" kemudian klik submit, "jika sahabat takut adanya error pada blog sahabat atau hanya sekedar ingin tahu, maka sanggup mengklik dulu tombol test", setelah itu sahabat akan diminta mengklik refresh, lalukan mirip apa yang di anjurkan oleh Google.

Setelah melewati step by step di atas Admin rasa proses submit sitemap ke Google Webmaster Tools selesai.

Bing Webmaster Tools

Untuk melakukan submit sitemap ke Bing sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan cara melakukan submit sitemap ke Google Webmaster Tools, yang membedakan hanya hidangan dan tampilannya saja.

Langkah pertama untuk melakukan submit sitemap ke Bagaimana Cara Daftar Akun Bing.com.

Kedua, sahabat akan di bawa ke halaman My Site Bing Webmaster Tools, tuliskan url blog sahabat (bukan url sitemap) di belahan My Sites kemudian klik ADD.

Ketiga, pastekan url sitemap blog sahabat lengkap dengan url blognya, pilih pilihan di fiturnya yang menurut sahabat sesuai dengan kriteria blog sahabat kemudian klik SAVE.

Setelah proses ketiga akibat dan tidak ada error, sahabat akan di bawa ke halaman verifikasi situs, lanjutkan ke langkah keempat untuk memverifikasi situs sesuai dengan harapan atau sesuai pilihan yang sahabat anggap paling mudah, kemudian klik VERIFY.

Sampai di sini sahabat sudah berhasil melakukan submit sitemap ke situs Bing dan akan di bawa ke halaman Dashboard. Sumber Tutorial Blog

No comments:

Post a Comment