Saturday, September 29, 2018

Apa Perbedaan Antara Baja Ringan Dan Stainless Steel

Perbedaan Baja Ringan dan Stainless.

Baja yakni salah satu materi yang paling umum di dunia, mewakili industri yang menghasilkan 1,3 miliar ton per tahun, dan itu yakni materi yang digunakan di seluruh konstruksi banyak fabrikasi arsitektur.

Ada banyak sub-kategori baja dan tergantung pada berbagai kualitas dan karakteristik dari bangunan tertentu, pilihan baja yang dipilih mampu bervariasi.

Sifat-sifat yang paling bervariasi antara jenis baja yakni kekuatan, keuletan, kekerasan, estetika, dan biaya. Tergantung pada lingkup pekerjaan Anda, memilih jenis baja yang tepat untuk pekerjaan itu mampu menguntungkan kualitas proyek dan biayanya.

Jadi, Apa Perbedaan antara Baja Ringan dan Stainless Steel?


1. Baja Ringan

Baja ringan kadang-kadang disebut sebagai 'baja karbon' atau 'baja karbon biasa'. The American Iron and Steel Institute mendefinisikan baja ringan memiliki tidak lebih dari 2% karbon dan tidak ada unsur paduan lainnya. Baja ringan merupakan cuilan terbesar dari produksi baja dan digunakan dalam berbagai macam aplikasi.

Biasanya baja ringan kaku dan kuat. Mereka juga mengatakan feromagnetisme (magnet). Ini berarti baja ringan banyak digunakan di motor dan peralatan listrik. Pengelasan baja ringan harus dengan kandungan karbon lebih dari 0,3% dan membutuhkan tindakan pencegahan khusus. Namun, pengelasan baja ringan menyajikan duduk masalah jauh lebih sedikit daripada pengelasan baja tahan karat. Ketahanan korosi baja ringan buruk (berkarat) dan sehingga baja ringan dilarang digunakan dalam lingkungan yang korosif kecuali beberapa bentuk lapisan pelindung digunakan.

2. Stainles Steel

Stainles didefinisikan sebagai paduan baja dengan minimum 11,5% berat kromium. Stainless steel tidak bernoda atau berkarat, sama mudahnya dengan baja biasa tetapi tidak tahan noda. Ini juga disebut baja tahan korosi dikala jenis dan kelas paduan tidak terperinci, terutama dalam industri penerbangan. Ada nilai yang berbeda dan permukaan akibat dari baja tahan karat semoga sesuai dengan lingkungan daerah material akan dikenakan dalam masa pakainya. Penggunaan umum baja tahan karat yakni alat makan dan tali jam.

Stainless steel berbeda dari baja karbon dengan jumlah kromium yang ada. Karat baja karbon dikala terkena udara dan kelembaban. Lapisan oksida besi ini aktif dan mempercepat korosi dengan membentuk lebih banyak oksida besi. Baja tahan karat mempunyai jumlah kromium yang cukup sehingga lapisan pasif dari bentuk kromium oksida yang mencegah korosi lebih lanjut.

Lalu, Apa perbedaan antara baja dan baja ringan?

  • Baja kurang lunak dan lebih keras dari baja ringan.
  • Baja ringan lebih rapuh dari baja.
  • Baja lebih tahan terhadap korosi.
  • Baja ringan mampu lebih diperkuat melalui penambahan karbon.
  • Perbedaan mendasar yakni bahwa s / s mempunyai sangat sedikit karbon dan dicampur dengan kromium, nikel, molibdenum dan elemen lain untuk meningkatkan sifat mekanik dan kimianya.

Secara umum, Aluminium juga merupakan pilihan yang sangat ringan, dikala memilah bobot bukanlah faktor. Untuk proyek-proyek besar yang membutuhkan kekuatan, baja yakni pilihan yang jauh lebih kuat.
Sumber Tutorial Blog

No comments:

Post a Comment