Monday, October 1, 2018

Cara Gampang Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium

Disini


3. Mengawinkan Indukan Mas Koki 

Mengawinkan indukan mas koki atau sering disebut sebagai proses pemijahan ini tidak jauh berbeda dengan pemijahan ikan mas koki pada bak terpal atau bak biasa. Prinsipnya sama, hanya saja media yang dipakai yaitu akuarium. Yang mempunyai ukuran lebih kecil.

Karena mempunyai ukuran yang lebih kecil, maka harus memperlihatkan perawatan ekstra supaya ikan mas koki sanggup memijah dengan baik di akuarium.
Karena proses pemijahan ikan mas koki di akuarium ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan alasannya yaitu ukuran akuarium itu sendiri.

Berikut persiapan yang harus dilakukan untuk budidaya ikan mas koki di akuarium
  • Sebelum dilakukan pemijahan, sebaiknya akuarium di bersihkan terlebih dahulu. 
  • Setelah itu pastikan airnya dalam kondisi yang higienis serta kaya akan oksigen. 
  • Sebaiknya gunakan aerator supaya ikan tidak stress alasannya yaitu kekurangan kandungan oksigen terlarut 
  • Tambahkan pula media untuk ikan mas koki melaksanakan pemijahan yaitu eceng gondok yang juga telah di basuh higienis akarnya.

Setelah proses diatas final dilakukan. Silahkan masukan indukan ikan mas koki yang sudah siap dipijahkan. Perbandingan ikan mas koki betina dan jantan yaitu 2 : 1


4. Proses Pemijahan 

Pada ikan mas koki, biasanya proses pemijahan berlangsung selama ±24 jam. Dengan diawali proses kejar mengejar antara indukan mas koki jantan dan betina.

Pada ketika itu, biasanya indukan ikan mas koki betina akan menaruh telurnya di eceng gondok. Dan akan dibuahi oleh indukan ikan mas koki jantan. Pembuahan ini disebut sebagai pembuahan eksternal.

Setelah semalam, angkat kedua indukan ikan mas koki tersebut. Karena pada ketika itu telur yang melekat pada eceng gondok sudah siap menentas. Biasanya dalam waktu 2 - 3 hari telur-telur tersebut akan menetas dengan sendirinya.

Pada masa-masa ini, usahakan jaga kebersihan air dalam akuarium. Jaga juga suhu air yang idealnya berkisar antara 24 - 28 derajat celcius. Selain itu, perhatikan juga asupan oksigen terlarut dalam akuarium.


5. Pemeliharaan Larva 

Setelah telur ikan mas koki menetas menjadi larva, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memelihara larva tersebut sampai menjadi ikan mas koki yang siap jual.
Pemeliharaan dilakukan dengan menjaga kualitas air dan juga kandungan oksigen. Yang perlu di perhatikan yaitu kandungan oksigen. Karena membudidayakan ikan mas koki dalam akuarium yang luasnya sangat terbatas akan sangat minim kandungan oksigen terlarutnya.

Usahakan tinggi air tidak lebih dari 15cm. Selain itu, jangan diberikan pakan berlebih supaya air tidak gampang kotor. Sedangkan pakan terbaik yang disarankan untuk larva ikan mas koki yaitu kutu air.

Itulah cara membudidayakan ikan mas koki di akuarium dengan mudah. Silahkan diterapkan di rumah dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

No comments:

Post a Comment